Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra dididik oleh
para Ulama’ yang terkemuka dari berbagai prinsip Ilmu pengetahuan,
seperti Figh, Lughah, Tasawuf, dan berbagai ilmu-ilmu lainnya yang
beliau pelajari langsung dari para ahlinya masing-masing.
Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra memperdalami ilmu Fiqh kepada:
1.As-Syech Abdullah bin Abdurrahman Ba’ubayd
As-Syech
Abdullah bin Abdurrahman Ba’ubayd menghormati dan memuliakan Sayyidina
Al-Faqih sekalipun beliau adalah muridnya. As-Syech Abdullah Ba’ubayd
tidak akan mengajar sebelum dilihat oleh beliau Sayidina Al-Faqih telah
hadir ke Majlis beliau, bilamana Sayidina Al-Faqih tidak datang
beliaupun tidak akan mengajar. Perilaku beliau yang tidak lazim ini
banyak ditanyakan orang, beliaupun lalu menjelaskan: ”Sesungguhnya aku
menunggu izin untuk mengajar dari Allah SWT”.
Jawaban beliau ini
mengisyaratkan betapa mulianya derajat Sayidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra
dalam pandangan beliau karena “Izin” dari Allah SWT seperti yang beliau
maksud tak pelak lagi adalah “mesti hadirnya” murid beliau sendiri
yaitu; Sayidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra.
Selain beliau Sayyidina Al-Faqih juga memperdalami Fiqh kepada;
2.Al-Qodhy Ahmad bin Muhammad Ba’isa
dan beliau memperdalami ilmu Ushul serta beberapa prinsip ilmu lainnya kepada:
3.Al-Imam As-SyechAli bin Ahmad bin Salim Bamarwan dan
4.Al-Imam Muhammad bin Abu Al-Hub
beliau memperdalami ilmu Tafsir dan Hadist dari:
5.Al-Imam Al-Hafidz Al-Mujtahid As-Sayyid Ali bin Ahmad Bajudaid,
dan memperdalami ilmu Tasawwuf dan Hakekat dari:
6.Al-Imam Salim bin Basri dan
7.Al-Imam Muhammad bin Ali Al-Khatib,
dan paman beliau sendiri yaitu:
8.As-Syech Al-Habib Alwi bin Muhammad Shohib Mirbath,dan
9.As-Syech Sufyan Al-Yamani, dan masih banyak lagi Para Ulama’ dan Awliya’ yang telah membimbing beliau.
10.As-Syech Sa’id bin Isa Al-‘Amudy, menurut riwayat didepan beliaulah Sayyidina Al-Faqih Ra meletakkan pedang.
Semua guru beliau telah sama mengisyaratkan bahwa Al-Imam Al-Faqih
Al-Muqaddam Ra telah mencapai satu maqam yang sangat luar biasa,
sehingga membuat kecil maqam-maqam lainnya bila dibandingkan dengan
“Maqam” yang telah Allah SWT berikan kepada beliau.
Pada masa
Sayyidina Al-Faqih Ra, ilmu yang sedang berkembang pesat di Tarim
Hadhramaut adalah ilmu Fiqh, jadi kebanyakan para Ulama’ disana adalah
para Faqih , sedangkan ilmu Tasawwuf di Tarim dikala itu, belum
berkembang pesat, kelak pada akhirnya nanti Sayyidina Al-Faqih lah
sendiri yang mempelopori dan menghidupkan dan sekaligus menjadi Imam
untuk pertama kalinya, bagi kaum “Mutasawwifin” di Tarim Hadhramaut, hal
ini ditegaskan lagi oleh Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Hasan
Al-Attas;
”Beliaulah orang pertama yang menyandang gelar “Syech bagi kaum Sufi” di Hadhramaut”
V. RIWAYAT KHIRQAH SAYYIDINA AL-FAQIH RA.
Definisi Al-Khirqah menurut As-Syech Muhyiddin Ibn Al-‘Araby Ra didalam Kitabnya “Al-Futuhat”adalah:
“Perlambang dari persahabatan, Ta‘addub dan Takhalluq”
Selanjutnya Qaul Ibn Al-‘Araby ini dikomentari oleh Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Hasan Al-Athas Ra:
“Sedangkan (kain) Khirqahnya sendiri (secara Majazi) terkadang memang
tidak mesti dari Rasul Allah SAW secara langsung, Al-Libas itu sendiri
sebenarnya adalah simbol dari Al-Libas yang Haqiqi yaitu Al-Libas
At-Taqwa, telah menjadi kebiasaan dari para Wali Ash-Hab Al-Ahwal
,bilamana mereka mendapati kekurangan pada diri mereka maka merekapun
akan mencari seorang guru atau Syech dari Jama’ah mereka untuk
menyempurnakan kekurangan-kekurangan Lahiriyah maupun Bathyniyah pada
diri mereka, dan bilamana segala kekurangan tersebut telah sempurna,
maka merekapun diberikan “Al-Libas” sebagai simbol untuk penyempurnaan
lebih lanjut, inilah Al-Libas yang dikenal dikalangan kita sebagaimana
Nash Al-Manqul dari para Ulama’-ulama’ Ahli Haqeqat”
Khirqah
para Wali mempunyai nilai prestise tinggi bagi masing-masing Wali yang
bersangkutan, begitu pula Al-Khirqah Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra
mempunyai satu nilai keistimewaan yang telah melampaui dimensi pemikiran
orang-orang yang dikatakan oleh kaum Sufi sebagai “Ahli Al-Khawwash”,
Khirqah yang beliau terima adalah Khirqah “Imamah Qutb Al-Kubra” yang
merupakan perlambang dari “pangkat kepemimpinan tertinggi bagi para Wali
dimasa itu”. Khirqah ini beliau terima dari As-Syech Al-Kabir Al-Qutb
Al-Syahir “Abu Madyan” Syu’aib bin Abu Al-Husain At-Tilamisany
Al-Maghriby , perlu pembaca ketahui Khirqah ini diberikan kepada
Sayyidina Al-Faqih Ra bukanlah dengan kebetulan dan bukan pula karena
permintaan beliau, tapi Khirqah ini diberikan kepada Sayyidina Al-Faqih
Al-Muqaddam Ra sesuai dengan Isyarah dari Ri’ayah Ilahiyah.
Mengenai
kebesaran serta keutamaan As-Syech Abu Madyan, bisa kita bayangkan
sekilas, berdasarkan perkataan As-Syech Ali As-Sakran, kata beliau:
“As-Syech Abu Madyan adalah seorang “Pemimpin” para wali pada zamannya
yang telah dizhohirkan oleh Allah SWT pada dirinya keajaiban-keajaiban
sebagai tanda kebesaran-Nya, dan telah tersibak baginya rahasia-rahasia
keghaiban dan namanya telah termasyhur di seluruh penjuru Negeri”.
Dari Tarbiyah beliau, telah banyak lahir ulama-ulama besar, nama beliau
sangat termasyhur dengan ketinggian Ilmunya sehingga banyak tokoh-tokoh
Tasawwuf terkemuka yang meminta pengajaran dan fatwa-fatwa beliau;
beliau sangat disegani dikalangan para Ulama’ dan Masyaikh-Masyaikh dari
seluruh Mazhab Thariqah.
Berkaitan mengenai Riwayat Khirqah
Sayyidina Al-Faqih, diceritakan bahwa telah datang seorang Darwiys dari
Syam (Syria) yang bernama Fadl menemui beliau (Sayyidina Al-Faqih Ra),
Darwisy tersebut berkata kepada Sayyidina Al-Faqih:
“Tidaklah aku
datang (ke Tarim) kecuali semata-mata untuk menemuimu, tetapi aku
mendapati As-Syech Abdurrahman Al-Maq’ad sedang bermukim di dalam
hatimu. Jika berkumpul seluruh orang dari barat dan Timur untuk
mengeluarkan dia dari hatimu maka tidak akan ada yang sanggup, bilamana
ia telah datang kepadamu, perhatikanlah urusannya ia hanyalah seorang
Muhtasab sedangkan engkau adalah seorang wali yang telah mempunyai
nisbah”.
Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam bertanya:
“Apakah yang engkau maksud dengan nisbah?”
Darwisy tersebut menjawab: “Sidrah Al-Muntaha”.
Tak lama berselang setelah peristiwa datangnya Darwisy tersebut, dengan
Qudrah dan Iradah Allah SWT, As-Syech Al-Kabir Al-Qutb Abu Madyan
Syu’aib bin Abu Hasan At-Tilmisaniy Al-Maghriby yang pada saat itu
sedang berada di Tilmisan Al-Jazair mengutus muridnya yang bernama
As-Syech Abdurrahman bin Muhammad Al-Maq’ad seraya bertitah:
“Sesungguhnya kami mempunyai seorang teman di Hadhramaut (Tarim),
pergilah engkau menemuinya, dan pakaikanlah Al-Khirqah kepadanya,
sesungguhnya aku melihatmu akan menemu ajal di tengah perjalanan,
bilamana hal tersebut akan terjadi, maka titipkanlah (Al-Khirqah) ini
kepada orang yang engkau percayai”, kemudian pergilah As-Syech
Abdurrahman dari Tilmasan, dengan tujuan ke Hadhramaut, ketika ia sampai
di kota Mekkah ia pun mendekati Sakratul maut kemudian ia menyerahkan
Khirqah tadi kepada muridnya yaitu As-Syech Abdullah As-Sholeh
Al-Maghriby seraya berpesan untuk menyerahkan Al-Khirqah tersebut. Dan
beliau mengisyaratkan dengan ke kasyafannya;
“Pada saat engkau masuk
ke kota Tarim engkau akan mendapati As-Syech As-Syarif Muhammad bin Ali
yang pada saat engkau temui nanti, dikala itu sedang belajar dengan
As-Syech Ali Bamarwan, setelah engkau bertemu dengan beliau,
lanjutkanlah perjalananmu ke Qoydun dan temui As-Syech Sa’id bin Isa
Al-‘Amudy dan berikanlah juga sebagian Khirqah ini kepadanya”.
Tak lama kemudian As-Syech Abdurrahman Al -Maq’ad wafat , lalu pergilah
As-Syech Abdullah As Sholeh Al-Maghriby ke Tarim, ketika beliau sampai,
ia pun langsung menemui Sayyidina Al-Faqih Muqaddam yang sedang belajar
dengan As-Syech Ali Bamarwan persis seperti yang telah dikatakan oleh
As-Syech Abdurrahman Al-Maq’ad, ia pun lalu duduk bersama Sayyidina
Al-Faqih Al-Muqaddam, lalu Sayyidina Al-Faqih Muqaddam (yang telah
mengetahui akan khabarnya As-Syech Abdurrahman Al-Maq’ad dari Darwisy
yang kami ceritakan tadi), dengan kekasyafan kewalian, bertanya kepada
As-Syech Abdullah As-Sholeh dengan bahasa Isyarah:
“Wahai saudara, permata apakah yang engkau bawa yang sedemikian cemerlangnya?”
As-Syech Abdullah As-Sholeh lalu bertanya (dengan maksud menguji):
“Apakah gerangan yang engkau maksud dengan cemerlang?”
Al-Faqih Al-Muqaddam menjawab;
“At-Tahkim Khirqah yang telah dititipkan kepadamu”
Lalu As-Syech Abdullah menceritakan perihal kedatangannya, dari awal
sampai akhir lalu titipan “Khirqah” tersebut disambut dan diterima oleh
Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam, dari semenjak itu dimulailah perjalanan
Suluk beliau menuju Allah SWT, sibuklah Sayyidina Al-Faqih dengan Ibadah
Zhahiriyah dan Batiniyah sehingga akhirnya terzhohirlah seluruh
perkara-perkara yang Khafiy, dan mulailah Hal beliau sebagaimana
Ahwal-nya orang-orang Khawas Al-Khawas, sebagai seorang Sufi dan Wali
yang terbesar pada zamannya, beliau mulai menyibukkan diri beliau dengan
ber-Taqarrub kepada Allah SWT dalam ber-Uzlah, guna menenggelamkan diri
beliau dalam lautan Ma’rifah dan Asrar-Nya yang tak bertepi, dalam
Ahwal ‘Asyiq Wal Ma’syuq dengan Rabb nya.
VI. SILSILAH KHIRQAH SAYYIDINA AL-FAQIH AL-MUQADDAM RA
Silsilah Khirqah Sayyidina Al-Faqih Ra ada dua, yang pertama berasal
dari nasab beliau sendiri, dimulai dari ayahanda beliau, dan yang kedua
dari As-Syech Abu Madyan Syu’aib Al-Maghriby.
Silsilah yang pertama
yaitu berasal dari ayahanda beliau sendiri yaitu Al-Imam Al-Habib Ali
Ba’alawi silsilah tersebut adalah sebagai mana nasab Sayyidina Al-Faqih
Al-Muqaddam Ra yang telah kami uraikan diatas.
Adapun Silsilah yang
kedua yaitu berasal dari As-Syech Abu Madyan Syu’aib Al-Maghriby dengan
“Al-Wasithah” dua Syech yaitu 1.As-Syech Abdullah “As-Sholih” bin Ali
Al-Maghriby yang diutus oleh 2.As-Syech Abdur Rahman bin Muhammad
Al-Maq’ad yang diutus oleh As-Syech Abu Madyan Syua’aib Al-Maghriby.
Secara detail silsilah Khirqah Sayyidina Al-Faqih Ra adalah sebagai
berikut secara berurutan :
1. As-Syech Abu Madyan Syu’aib bin Abu Al-Husain Al-Maghriby dari:
2. Al-Imam Abu Ya’za dari:
3. Al-Imam Nur Ad-Din Abu Al-Hasan Ali bin Hirzihim (ada yg meriwayatkan;Ibn Hirazim) dari:
4. Al-Imam Al-Hafizd Al-Faqih Al-Qadhy Abu Bakar bin Abdullah Al-Ma’afiry dari:
5. Al-Imam Al-Hujjah Al-Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazaly dari:
6. As-Syech Al-Islam Wal Muslimin Imam Al-Haramain Abdul Malik beliau mengambil dari ayahandanya sendiri yaitu:
7. As-Syech Muhammad bin Abdullah bin Yusuf Al-Juwainy dari:
8. As-Syech Al-Arif Billah Ta’ala Abu Thalib Al- Makky Muhammad bin Ali bin Athyyah dari:
9. Al-Imam Al-Kabir Abu Bakar Dullaf ibn Jahdar As-Syibly dari:
10. Al-Ustazd Ahli At-Thariqah Wa Imam Ahli Al-Haqiqah Abu Al-Qasim
Al-Junaid bin Muhammad Al-Baghdady beliau mengambil dari “Khalnya”
yaitu;
11. As-Syech As-Syahir Abu Al-Hasan As-Sirry Al-Mughallis As-Siqty (As-Saqaty) dari:
12. As-Syech Al-Arif Billah Ta’ala Abu Mahfuzd Ma’ruf bin Fairuz Al-Karakhy dari:
13. Al-Imam Abu Sulaiman Daud bin Nushair At-Tha’iy dari:
14. As-Syech Abu Muhammad Habib bin Muhammad Al-Ajamy Al-Kharasany dari:
15. Al-Imam Al-Kabir As-Syahir Abu Sa’aid Al-Hasan bin Abu Al-Hasan Al-Bashry dari:
16. Al-Imam Ahli Al-Masyariq Wal Magharib Sayyidina Ali Bin Abu Thalib Ra
Al-Imam Ali bin Abu Thalib Ra dari Sayyidina Wa Habibana Rasul Allah SAW.
Dari Al-Imam Ma’ruf Al-Karakhy ada dua arah silsilah (bercabang dua
arah), yang pertama seperti diatas dan silsilah beliau yang kedua dari
Ahl Al-Bayt adalah sebagai berikut:
12. As-Syech Al-Arif Billah Ta’ala Abu Mahfuzd Ma’ruf bin Fairuz Al-Karakhy
13. Al-Imam Ali Ar-Ridha Ra, dari ayahnya;
14. Al-Imam Musa Al-Kazhim Ra dari ayahnya;
15. Al-Imam Ja’far As-Shodiq Ra dari ayahnya;
16. Al-Imam Muhammad Al-Bagir Ra dari ayahnya;
17. Al-Imam Ali Zainal Abidin Ra dari ayahnya;
18. Al-Imam Al-Husain As-Sibthy Ra dari ayahnya;
19. Al-Imam Ali bin Abu Thalib Ra, selanjutnya sama seperti yang kami uraikan diatas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar