Syeikh Junaid al Baghdadi, seorang sufi
terkemuka, pergi ke luar kota Baghdad. Para muridnya juga ikut
dengannya. Syeikh itu bertanya tentang Bahlul.
Mereka menjawab, “Ia adalah orang gila, apa yang Anda butuhkan darinya?”
“Cari dia, kerana aku ada perlu dengannya,” kata Syeikh Junaid.
Murid-muridnya lalu mencari Bahlul dan bertemu dengannya di gurun. Mereka lalu mengantar Syeikh Junaid kepadanya.
Ketika Syeikh Junaid mendekati Bahlul, ia melihat Bahlul sedang gelisah
sambil menyandarkan kepalanya ke tembok. Syeikh itu lalu menyapanya.
Bahlul menjawab dan bertanya padanya, “Siapakah engkau?”
“Aku adalah Junaid al Baghdadi,” kata syeikh itu.
“Apakah engkau Abul Qasim?” tanya Bahlul. “Ya!” jawab syeikh itu.
“Apakah engkau Syekh Baghdadi yang memberikan petunjuk spiritual pada orang-orang?” tanya Bahlul.
“Ya!” jawab syeikh.
“Apakah engkau tahu bagaimana cara makan?” tanya Bahlul.
Syeikh itu lalu menjawab, “Aku mengucapkan Bismillaah (Dengan nama
Allah). Aku makan yang ada di hadapanku, aku menggigitnya sedikit,
meletakkannya di sisi kanan dalam mulutku, dan perlahan mengunyahnya.
Aku tidak menatap suapan berikutnya. Aku mengingat Allah sambil makan.
Apa pun yang aku makan, aku ucapkan Alhamdulillaah (Segala puji bagi
Allah). Aku cuci tanganku sebelum dan sesudah makan.”
Bahlul
berdiri, menyibakkan pakaiannya, dan berkata, “Kau ingin menjadi guru
spiritual di dunia, tetapi kau bahkan tidak tahu bagaimana cara makan!”
Sambil berkata demikian, ia berjalan pergi.
Murid Syeikh itu berkata, “Wahai Syeikh! Ia adalah orang gila.”
Syeikh itu menjawab, “Ia adalah orang gila yang cerdas dan bijak. Dengarkan kebenaran darinya!”
Bahlul mendekati sebuah bangunan yang telah ditinggalkan, lalu ia duduk. Syeikh Junaid pun datang mendekatinya.
Bahlul kemudian bertanya, “Siapakah engkau?”
“Syeikh Baghdadi yang bahkan tak tahu bagaimana caranya makan,” jawab Syeikh Junaid.
“Engkau tak tahu bagaimana cara makan, tetapi tahukah engkau bagaimana cara berbicara?” tanya Bahlul.
“Ya!” jawab syeikh.
“Bagaimana cara berbicara?” tanya Bahlul.
Syeikh itu lalu menjawab, “Aku berbicara tidak kurang, tidak lebih, dan
apa adanya. Aku tidak terlalu banyak bicara. Aku berbicara agar
pendengar dapat mengerti. Aku mengajak orang-orang kepada Allah dan
Rasulullah. Aku tidak berbicara terlalu banyak agar orang tidak menjadi
bosan. Aku memberikan perhatian atas kedalaman pengetahuan lahir dan
batin.” Kemudian ia menggambarkan apa saja yang berhubungan dengan sikap
dan etika.
Lalu Bahlul berkata, “Lupakan tentang makan, kerana kau pun tak tahu bagaimana cara berbicara!”
Bahlul pun berdiri, menyibakkan pakaiannya, dan berjalan pergi.
Murid-muridnya berkata, “Wahai Syeikh! Anda lihat, ia adalah orang gila. Apa yang kau harapkan dari orang gila?!”
Syeikh itu menjawab, “Ada sesuatu yang aku butuhkan darinya. Kalian tidak tahu itu.”
Ia lalu mengejar Bahlul lagi hingga mendekatinya. Bahlul lalu bertanya,
“Apa yang kau inginkan dariku? Kau, yang tidak tahu bagaimana cara
makan dan berbicara, apakah kau tahu bagaimana cara tidur?”
“Ya, aku tahu!” jawab syeikh itu. “Bagaimana caramu tidur?” tanya Bahlul.
Syeikh Junaid lalu menjawab, “Ketika aku selesai salat Isya dan membaca
doa, aku mengenakan pakaian tidurku.” Kemudian ia ceritakan cara-cara
tidur sebagaimana yang lazim dikemukakan oleh para ahli agama.
“Ternyata kau juga tidak tahu bagaimana cara tidur!” kata Bahlul seraya ingin bangkit.
Tetapi Syeikh itu menahan pakaiannya dan berkata, “Wahai Bahlul! Aku tidak tahu. Karenanya, demi Allah, ajari aku!”
Bahlul pun berkata, “Sebelumnya, engkau mengklaim bahwa dirimu
berpengetahuan dan berkata bahwa engkau tahu, maka aku menghindarimu.
Sekarang, setelah engkau mengakui bahwa dirimu kurang berpengetahuan,
aku akan mengajarkan padamu. Ketahuilah, apa pun yang telah kau
gambarkan itu adalah permasalahan sekunder. Kebenaran yang ada di
belakang memakan makanan adalah bahwa kau memakan makanan halal. Jika
engkau memakan makanan haram dengan cara seperti yang engkau gambarkan,
dengan seratus sikap pun, maka itu tak bermanfaat bagimu, melainkan akan
menyebabkan hatimu hitam!”
“Semoga Allah memberimu pahala yang besar,” kata sang syeikh.
Bahlul lalu melanjutkan, “Hati harus bersih dan mengandung niat baik
sebelum kau mulai berbicara. Dan percakapanmu haruslah menyenangkan
Allah. Jika itu untuk duniawi dan pekerjaan yang sia-sia, maka apa pun
yang kau nyatakan akan menjadi malapetaka bagimu. Itulah mengapa diam
adalah yang terbaik.
Dan apa pun yang kau katakan tentang tidur, itu
juga bernilai sekunder. Kebenaran darinya adalah hatimu harus terbebas
dari permusuhan, kecemburuan, dan kebencian. Hatimu tidak boleh tamak
akan dunia atau kekayaan di dalamnya, dan ingatlah Allah ketika akan
tidur!”
Syeikh Junaid lalu mencium tangan Bahlul dan berdoa untuknya.
Inti dari cerita tersebut adalah:
Sahabatku. Orang zaman sekarang masih ada yang beribadah tanpa memahami
isi makna. Mereka hanya mengikuti apa-apa yang dilakukan oleh nenek
moyangnya tanpa kemampuan memaknai. Maka tak heran jika amal yang
dilakukan, ibadah yang dilakukan, akan terasa kering. Tidak menyerap di
hati. Bahkan shalat sudah tak mampu mencegah kemungkaran. Kenimatan
beribadah sangat sulit mereka dapatkan. Dalam cerita di atas, bahlul
mencoba membeberkan beberapa kasus yang sehari-hari ditemui. Semoga
dengan cerita di atas engkau dapat memaknai setiap amal yang kau
lakukan, sehingga makan, bicara dan tidurmu menjadi cahaya. Amin…..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar